BEASISWA MERAPI

Ayam sangat dekat dg kehidupan dusun. Hampir setiap keluarga mempunyai hewan peliharaan ini. Mereka memeliharanya karena harga yang terjangkau, pemeliharaan yang cukup praktis, cepat beranak pinak sehingga hasilnya dapat dinikmati sebagai menu yang penuh gizi (telur, daging) dan sebagian dijual untuk kebutuhan yang lain.

Tlatah Bocah semenjak Januari 2011 mengelola beasiswa Merapi dimana memberikan kesempatan anak-anak mempunyai ayam sendiri. Pada awalnya anak yang mengikuti program ini adalah mereka yang berusia kelas IV SD sampai kelas III SMP dan pada tahun ajaran baru anak yang kelas III naik kelas IV mendapatkan kesempatan yang sama. Pemilihan usia tersebut berdasarkan usia psikologis sudah mulai mengerti tanggungjawab. Keuntungan perkembangbiakan ayam dapat digunakan untuk peningkatan gizi keluarga, meringankan ekonomi keluarga, kemandirian, serta pembelajaran kehidupan bersosial.

Pengelolaan program dikembangkan berdasarkan pengalaman dalam menjalankan kegiatannya. Anak-anak dari setiap dusun penerima beasiswa ini membentuk komunitas untuk monitoring perkembangan ternak mereka, kelompok penabung, dan pada perkembangannya memulai arisan ayam dimana setiap anggota mendapatkan ayam pada saat pengundian. Anak-anak berkewajiban pula memberikan ayam hasil ternaknya pada anak dusun lain untuk belajar berbagi / solidaritas dan tanggungjawab. Pada saat ini tercatat 267 anak dari 14 dusun yang terlibat.

Ayam-ayam yang diperoleh anak-anak didapatkan dari hasil donasi berbagai pihak yang tertarik dalam pengembangan program kemandirian anak. Selain itu pula, pada saat menjelang Idul Fitri ada partisipan yang berbagi zakat pada keluarga berkebutuhan khusus di 3 dusun dalam bentuk ayam.

4 Responses to “BEASISWA MERAPI”

  1. Dwi says:

    Senang ya bisa berbagi dengan anak- anak. Di Bali kami punya Kalam — Komunitas Anak Alam. Serupa juga misinya. Biar Bali itu gemerlap pariwisata masih banyak yang terpinggirkan dari kesempatan mendapat kehidupan yang layak. Semangat

  2. masbudi says:

    mantap… aku merindukan aktivitas yg merakyat dan mengena dan menggugah kayak ini… teruskan mas… matur nuwun

  3. johan says:

    keren …..lanjutkan terus mas bro…
    jaman sekarang melestarikan budaya itu penting
    karena dijaman sekarang ini kebanyakan anak2 sudah terjerumus ke hal2 eang berbau negatif,
    semoga BUDAYA INDONESIA maju terus dan sampai bisa go Internasional

  4. masbudi says:

    Alhamdulillah, saat acara perpisahan di SD Trans Bahitom Kab Murung Raya Kalteng, terinspirasi dari Beasiswa Merapi ini, kami bisa memberikan Beasiswa Ayam ini kepada 102 orang anak SD… Terima Kasih Tlatah Bocah

Leave a Reply