Festival Tlatah Bocah XI 2017: Tepo Seliro Agawe Santoso

Festival Tlatah Bocah tahun ini merupakan festival yang ke-11 kalinya selama 3 bulan yang diawali dengan kegiatan lokalarya keliling (workshop) dengan anak-anak di beberapa dusun.

Puncak festival diselenggarakan pada hari Sabtu – Minggu, 9 – 10 September 2017 di dusun Ngandong, desa Ngargomulyo, kecamatan Dukun, kabupaten Magelang. Dusun ini merupakan salah satu dusun yang terletak di lereng gunung Merapi dan berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Merapi.

Agenda festival:

  1. Pembukaan Festival (Merti Jiwo)
  2. Perekaman KTP-el Masal & Sosialisasi Kartu Identitas Anak *)
  3. Lokakarya Festival
  4. Pameran Karya
  5. Lapak Komunitas
  6. Temu Komunitas
  7. Pentas Seni
  8. Orasi Budaya
  9. Penutupan Festival (Larung Sukerta)

Festival Tlatah Bocah merupakan media kampanye hak anak, keberagaman, toleransi, dan kearifan lokal. Kegiatannya berupa pertunjukan kesenian (mayoritas tradisi), orasi budaya, lokakarya, dan pameran.

Spirit festival bersumber pada modal sosial yang dimiliki masyarakat lereng gunung Merapi. Mereka memelihara adat istiadat dengan baik, tepo seliro (toleransi) yang tinggi, serta bergotong royong membangun dusun. Representasi tersebut ditunjukkan dengan adanya kelompok kesenian di setiap dusun. Kesenian tradisi menjadi unsur vital yang harus disertakan saat upacara adat. Keberadaan jenis kesenian pun begitu beragam, diantaranya: Wayang Orang, Ketoprak, Jathilan, Campur Bawur, Jaran Kepang, Reog, Soreng, Topeng Ireng, Ndolalak, Sholawat, Angguk Rame, Gangsir Ngenthir, Cakarlele, Jalantur, Kobro Siswo, Lompong Keli, dan lain-lain. Keberagaman tersebut menjadi ensiklopedia kearifan budaya dalam lingkup kecil.

Di sisi lain, globalisasi menggerus nilai-nilai yang ada di masyarakat. Selain itu, ancaman golongan fanatik yang menerapkan pahamnya menggerogoti keberagaman yang ada. Kearifan lokal menjadi benteng masyarakat mempertahankan adat istiadat. Pengalaman masyarakat lereng gunung Merapi dapat menjadi contoh yang patut digaungkan untuk merawat kebhinekaan Indonesia.

*) Perekaman KTP-el Masal & Sosialisasi Kartu Identitas Anak dalam masa konfirmasi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *